#2 abang. sebutan apa itu?

Jujur pada awal tulisan ini dibentuk, masih bingung sama diri saya? dimana saya lahir? Tempatnya di Indonesia itu jelas, namun letak bingungnya dimana? (nanya sendiri)

Gambar

Di Indonesia terdapat banyak panggilan mulai dari yang formal dan umum asli dari Indonesia yakni Ibu-bapak, kakek-nenek, perempuan-lelaki,cicit-cucut dan paman-bibi.. Namun ada juga loh kata kata panggilan yang diimpor contoh om-tante, abah-ummi, anta-antum atau anti dsb.

Untuk abang itu panggilan yang ada didataran tanah malaya. yah umumnya abang itu sebutan lelaki yang lebih tua. Panggilan abang untuk lelaki bukan perempuan. Untuk perempuan dijakarta dipanggil none. Maka sering dengarkan ada kontes abang dan none Jakarte. Inilah salah satu jenis kebudayaan yang ada di Indonesia cuma dari panggilan seseorang aja bisa seperti ini.

Ada panggilan yang akrab sering didengar di televisi yakni cak dan ning? ayo sering dengar ga? jarang nonton TV si nonton boyband and girlband yang tidak mendidik itu, nontonlah juga sinetron, jenis budaya yang ada di Indonesia tuh haha .

Di arek arek Surabaya cak itu panggilan akrab untuk laki laki dan ning itu panggilan akrab untuk perempuan. Jadi untuk teman teman yang coba mau beli nasi uduk jauh jauh ke Surabaya monggo dicoba panggil yang jualan dengan itu hehe..

Kalo dibali ada sebutan Bli dan Mbok. Ini benar ga? tolong koreksi saya? Bli itu panggilan untuk laki laki dan Mbok untuk perempuan. Lumayan perbendaharaan panggilan untuk laki dan perempuan di Indonesia banyak juga loh. coba yang mau ke Bali mau latihan nari silahkan panggil orang orangnya dengan sebutan ini dijamin tersenyum. Jangan manggil sebutan Mbok ke Bule ya bisa ngangap nanti hahaha.

Jadi bingungnya dimana ya dari tadi cerita melulu. Bingungnya saya dipanggil abang. Penjelasan diataskan abang sebuatan dari dataran malaya. Saya 100% darah Indonesia kok tetap abang. Bingungnya tukang bakso, mie, gorengan di jakarta juga selalu dipanggil abang. Beli teh manis di warteg juga manggil abang. Lalu bagaimana apakah ini sudah penjajahan bentuk panggilan oleh Malaysia #peace. yah saya masih bingung ada ga yah penjajahan bentuk panggilan.

Selagi pemerintah Indonesia dan Malaysia masih berdamai gapapa keunikan ini terus berlanjut. Indonesia dan Malaysia itu kan satu rumpun. Ya gapapa nama sebutan salah satu sering digunakan di Indonesia termasuk saya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s